Ganda Campuran Tenis Indonesia Pastikan Medali

by

Aldila Sutjiadi/Christopher Rungkat

Aldila Sutjiadi/Christopher Rungkat

 

KaBerIndo.com – Pundi – Pundi medali Indonesia dipastikan akan terus bertambah. Berkat doa dan dukungan dari masyarakat yang menginginkan prestasi Indonesia kembali bangkit di ajang Asean Games Jakarta Palembang 2018, pasangan Merah Putih, Aldila Sutjiadi/Christopher Rungkat berhasil melangkah ke semi final sekaligus mengamankan medali ganda campuran Asian Games 2018 di Jakabaring Tennis Center, Palembang.

Unggulan ke-11 itu sukses menepiskan perlawanan petenis asal India, Rohan Bopanna/Ankita Raina di babak perempat final , Kamis (23/8/2018) malam. Aldila/Christo unggul dengan kedudukan akhir 6-4 1-6 (10-6).

Disaksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan legenda tenis Indonesia Yayuk Basuki, Christo/Dila tampil dengan penuh kerja keras. Sempat disamakan pada set kedua, namun akhirnya pasangan tersebut unggul melalui super tie break.

Selepas pertandingan, Aldila dan Christo sempat mengungkapkan alasan kehilangan point pada set kedua. Menurutnya hal itu terjadi karena adanya perubahan strategi pada pasangan Bopanna/Raina.

“Pas yang kedua itu mereka ubah posisi, Bopanna di kiri dan Raina di kanan. Itu memang rada mempersulit kami sebagai yang servis karena memang Bopanna itu pas di kiri bagus banget ya dan susah untuk dibalikkan. Tapi kami tetap fokus saja di set ketiga dan itu berhasil,” ujar Aldila.

Sementara itu, Christo mengaku sudah memperkirakan bahwa pertandingan akan dihabiskan melalui super tie break. Untuk itu ia meminta Aldila bermain lepas tanpa beban.

“Sebenarnya kalau mixed doubles di set ketiga diputuskan dengan super tie break ya. Jadi memang dari awal saya dan Aldila tahu oke kalau kita sampai super tie break fifty-fifty nih change-nya,” ucap Christo.

Lebih lanjut Christo menuturkan, sejak awal pertandingan, ia dan Aldila sudah berpikir positif apapun hasil yang akan mereka raih. Sehingga kemenangan pun berhasil mereka dapatkan.

“Kami dari awal energinya positif walaupun tadi kita kecolongan first point-nya, tapi bisa di-cover Bopanna servis dua kali bisa kami patahin dari situ momentumnya selalu ke kami tuh sehingga bisa kami selesaikan sampai akhir,” imbuh Christo.

Selanjutnya pada babak semifinal, Jumat (24/8/2018), Aldila/Christo akan menantang unggulan 12 asal Jepang, Hayashi Erina/Uesugi Kaito yang mengalahkan ganda China, Xu Yifan/Zhang Ze 7-6(4) 0-6 (10-8). Aldila/Christo merasa yakin bakal memenangkan laga tersebut dan lolos ke final.

“Kalau kualitas semua sama, rata di sini. Kami kan dibilang underdog seeded 11, jadi tadi kami sudah buktikan lawan Bopanna sama Ankita kami bisa menang. Jadi gak ada alasan untuk bilang level kami berbeda pada Asian Games,” tuntas Christo. (julian/b)

Sumber : Postkotanews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *