Gatot Gagal jadi Capres, Relawan Terbelah

by

KaBerIndo.com – Gagalnya mantan Panglima TNI Jenderal (purawirawan) Gatot Nurmantyo menjadi capres di Pilpres 2019 membuat pendukungnya terbelah. Sebagian menyatakan dukungan kepada pasangan Joko Widodo (Jokowi) – KH Ma’ruf Amin, namun ada juga yang mendeklarasikan diri untuk merapat ke kubu Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Presidium Gatot Nurmantyo untuk Rakyat (GNR) menyatakan akan memberikan dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf di Pilpres mendatang. Keputusan tersebut adalah buntut dari kandasnya harapan Gatot untuk berkompetisi di Pilpres 2019.

“Kami nyatakan, mendukung, memperjuangkan, dan memenangkan Bapak Jokowi dan Bapak KH Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wapres RI periode 2019-2024, dengan cara adil, beradab dan bermartabat,” ujar Ketua Presidium GNR Dondi Rivaldi dalam deklarasi di Jakarta, Kamis (23/8/2018), dikutip dari kompas.com.

Ia mengklaim jika keputusan tersebut adalah hasil koordinasi dengan para relawan GNR se-Indonesia. Salah satu pertimbangan untuk mendukung Jokowi adalah dengan melihat hasil kerja mantan gubernur DKI Jakarta tersebut dalam empat tahun terakhir.

“Latar belakang Pak Jokowi sudah buktikan kerja-kerja nyata dalam kurun waktu empat tahun terakhir,” jelas Dondi.

Dondi lantas merinci beberapa hal yang dianggapnya sebagai prestasi Jokowi. “Pembangunan infrastruktur juga sudah menyentuh sampai daerah-daerah dan sudah dirasakan oleh masyarakat, dan pembangunan ekonomi juga sudah mulai terlihat,” lanjutnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Terus Kejar Gatot Nurmantyo

Selanjutnya, GNR bakal menemui Gatot untuk berdiskusi perihal keputusan mereka itu. Mereka menyatakan maklum jika nantinya Gatot ternyata memiliki pandangan berbeda dengan apa yang mereka putuskan.

Sementara itu, Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN) yang juga dikenal sebagai pendukung Gatot punya keputusan yang berbeda dengan GNR.

RSPN memutuskan mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga di Pilpres mendatang. Hal itu diputuskan selepas Gatot gagal maju untuk menjadi capres.

“Kami kecewa Bapak Gatot Nurmantyo tidak mendapat tiket maju sebagai Capres di 2019. Tapi sebagai organisasi independen kami memutuskan mendukung pencalonan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Pilpres 2019,” kata Ketua Umum RSPN, Sumiarsi dalam keterangan tertulis, Senin (20/8/2018), dikutip dari cnnindonesia.com.

Selendang Putih Nusantra mengklaim punya 29 dewan pimpinan wilayah di 34 provinsi. Menurut Sumiarsi, pihaknya kini tengah mempersiapkan pembentukan pengurus DPD dan DPC di seluruh Indonesia.

Sumiarsi mengatakan ada kemiripan antara Prabowo dan Gatot Nurmantyo, yaitu memiliki solusi atas masalah-masalah di Indonesia. “Pertimbangannya sama seperti saat memutuskan mendukung Pak Gatot,” ucapnya.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.id
Jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?
Klik ‘Vote!’ untuk melihat hasil polling sementara.

Sumber : SuratKabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *