Anies Baswedan: Hanya Kerja Kerja Kerja saja, Tidak cukup

by


SURATKABAR.ID –  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Indonesia dibangun berdasarkan gagasan. Atas dasar itu Anies menyebut tak akan cukup jika hanya mengandalkan kerja, kerja, kerja, bagi Indonesia.

Hal itu dikatakan Anies saat berpidato di depan puluhan dosen yang tergabung dalam Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia (ADRI) di Balai Kota DKI, Senin (27/8/2018) malam.

“Ini yang jadi pesan dan saya percaya bapak ibu sekalian, bahwa kita dalam bekerja tidak cukup hanya kerja, kerja, kerja saja. Tidak cukup. Harus ada gagasan dulu,” tegas Anies, dikutip dari laman CNNIndonesia.com.

Anies menjelaskan, setelah ada gagasan, langkah selanjutnya adalah menerjemahkannya dalam kata-kata yang menggugah. Terakhir, gagasan itu dieksekusi melalui kerja tuntas.

Saat ini, kata Anies, banyak orang menganggap gagasan tidak penting. Menurut mantan rektor Universitas Paramadina ini, Indonesia sedang membutuhkan suntikan kepercayaan diri untuk menganggap gagasan itu penting.

Baca Juga: Anies Baswedan Copot Pejabat Jakpro dan Dirut PAM

“Ini semua tidak boleh dianggap simpel, tidak boleh dianggap tidak penting,” katanya. Anies menambahkan, sebuah gagasan perlu dinarasikan agar bisa dipahami oleh orang lain.

Slogan ‘Kerja Kerja Kerja’ sering diucapkan oleh Presiden Joko Widodo. Bahkan kabinet bentukan Jokowi juga diberi nama Kabinet Kerja.

Lebih jauh Anies menjelaskan contoh nyata Indonesia dibangun oleh gagasan adalah pemilihan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan hal itu adalah pembeda Indonesia dari bangsa lain.

“Di Uni Eropa, bahasa apa yang digunakan dalam pertemuan seperti ini? Ada 23 bahasa yang digunakan di sana,” sambungnya.

Namun dalam Sumpah Pemuda pada 1928, lanjut Anies, para pendiri bangsa memilih bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Anies menyebut saat ini Indonesia sering kali meremehkan kata-kata dan gagasan. Sehingga butuh kerja para tokoh intelektual untuk membuat Indonesia sadar akan pentingnya gagasan.



Sumber : SuratKabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *