Resep Soto Banjar Asli Enak

by

 

KaBerIndo.com  – Anda setujukan kalau Indonesia ini sangat kaya dengan aneka hidangan kuliner. Seumur hiduppun kita tidak akan cukup untuk mencoba mencicipi semua masakan semua daerah di Indonesia. Kalau ga percaya, boleh dibuktikan!

Jika anda adalah penggemar Soto, tentu anda mengenal Soto Banjar. Satu jenis Soto yang sesuai dengan namanya berasal dari daerah Banjar, Kalimantan Selatan. Seperti beberapa daerah di Indonesia, Banjar memang memiliki satu jenis soto yang khas sehingga mudah dibendakan dengan soto daerah lain. Bahan utama Soto Banjar adalah ayam dan bumbu khasnya, bumbu beraroma rempah; kayu manis, biji paka dan cengkeh. Dan satu lagi, cirri soto Banjar adalah adanya perkedel yang ditambahkan pada Soto.

Jika anda sudah tak sabar ingin segera mencoba membuat sendiri Soto Banjar, segera siapkan kertas dan pulpen, catat resepnya, siapkan bahanya dan langsung aja dicoba!

Bahan :
1 ltr air
250 gr iga sapi
½ ekor ayam kampung (rebus,disuwir2)
1 btr bawang merah (cincang halus)
2 lbr daun salam
1 batang serai (memarkan)
1 ruas lengkuas (memarkan)
Minyak goreng
Bumbu halus :
½ sdt merica
6 siung bawang putih
10 btr bawang merah
1 ruas jahe
Garam secukupnya
Pelengkap :
Ketupat, soun, telur rebus, bawang goreng, seledri (iris halus),air jeruk nipis (bila suka).

Cara Membuat Soto Banjar Asli Enak :
1. Rebus iga sapi dengan air hingga matang dan empuk
2. Tumis bawang merah dan bumbu yang dihaluskan hingga harum masukan daun salam, serai, dan lengkuas kemudian aduk rata.

3.Masukan tumisan bumbu kedalam rebusan iga beri bumbu penyedap masak kembali hingga mendidih dan bumbu meresap. Angkat dan sajikan dengan bahan pelengkapnya.

Salam Kuliner Nusantara, salam dapur ngepul aroma lezat!

Sumber : ResepNila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *