Resep Bajigur, Minuman Khas Jawa Barat

by

KaBerIndo.com –  Bagi yang belum pernah ngerasain segarnya minuman bajigur, jangan kaget jika anda minum untuk pertama kali. Kalau pertama kali anda tak suka, tidak jadi masalah. Tapi saat kesan pertama anda langsung suka?… Awas anda akan ketagihan untuk mengulanginya. Bajigur adalah sebuah minuman khas dari Sunda. Minuman tradisional daerah Jabar. Pengalaman pertama bagi orang yang baru minum sekali akan merasakan rasa yang khas, unik dan segar. rasa bajiigur memang berbeda dengan minuman tradional daerah lain. Minuman ini akan lebih nikmat jika dihidangkan saat masih hangat atau malah sedikit panas, tapi jangan terlalu panas, sayang giginya ya?!…

Salah satu kekayaan kuliner Indonesia, ada banyak beragam makanan dan minuman di setiap daerah. Kita memang negara yang kaya raya!

Bahan:
• 5 sdt kopi
• ¼ sdt garam
• 125 cc sirup gula jawa
• 750 cc santan dari ½ butir kelapa
• 1 bungkus vanili
• 150 gram buah atep (kolang-kaling), dicuci bersih dan diiris tipis memanjang, direbus hingga matang

Cara Membuat:
1. Campur kopi, garam, gula jawa dan santan, lalu aduk rata. Kemudian masak campuran ini sambil diaduk-aduk sampai mendidih dengan api sedang. Tambahkan vanili.
2. Masukkan irisan buah atep yang sudah lunak dan matang. Aduk rata. Angkat dan hidangkan panas-panas dalam cangkir/gelas dengan pisang rebus atau kacang rebus.
3. Bajigur anda siap untuk disantap

Bagaimana? Tidak sulit kan?
Semoga resep sederhana membuat minuman bagigur ini bermanfaat dan bisa menambah koleksi resep minuman segar yang sudah pernah anda praktekan sebelumnya.
Salam kuliner nusantara!

 

Sumber : ResepNila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *