Jokowi: Pemilu Adalah Kontestasi Gagasan, Hasil Kerja, Prestasi dan Rekam Jejak

by

KaBerIndo.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa dalam Pilpres 2019 nanti tidak boleh ada penggunaan isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) saat berkampanye. Ia menegaskan bahwa pesta demokrasi tahun depan merupakan ajang adu prestasi dan rekam jejak.

Jokowi mengatakan bahwa penggunaan isu SARA dalam berkampanye tidak mendorong kedewasaan berpolitik pada masyarakat. Terlebih jika sudah ada yang menggunakan cara-cara fitnah.

“Pemilu adalah kontestasi gagasan, hasil kerja, prestasi, rekam jejak. Jangan sampai kita dalam pilpres ini memakai SARA lagi, cara fitnah yang saya kira tidak mendewasakan, mematangkan demokrasi kita,” kata Jokowi saat ditemui wartawan di gedung iNews Center, Jl Wahid Hasyim, Jakarta, Senin (17/9/2018), dikutip dari detik.com.

Mantan gubernur DKI Jakarta berpesan bahwa dengan berdemokrasi secara sehat akan membuat masyarak semakin dewasa pandangannya terhadap politik. “Saya kira penting sekali sehatnya demokrasi di Tanah Air, kedewasaan berdemokrasi kita,” katanya.

Baca Juga: Prabowo-Sandiaga Dapat Dukungan Ijtima’ Ulama II, KH Ma’ruf Amin Klaim Disuport 400 Ulama Besar

Jokowi juga memberikan komentar terkait dukungan yang diberikan kelompok ulama pada Pilpres 2019. Menurutnya, dukungan yang diberikan harus fair dan sehat. “Perlu saya ingatkan sekali lagi, dukungan harus konteksnya sehat, fair, masyarakat bisa menguji ide, gagasan, dan program yang disampaikan atau yang telah dilaksanakan,” katanya.

Ditanyakan mengenai ijtima ulama yang mendukung kubu Prabowo Subianto, Jokowi menegaskan jika Indonesia adalah sebuah negara demokrasi. Oleh sebab itu, dukungan semacam itu tidak dilarang di negara demokrasi.

“Tapi tentu saja ada kelompok lain yang juga memberikan dukungan misalnya ke Kyai Ma’ruf Amin. Ya, apapun kita semua tahu bahwa Kyai Ma’ruf Amin ulama besar, Ketua MUI, tidak bisa ditutup-tutupi memang faktanya seperti itu,” katanya.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.id
Jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?
Klik ‘Vote!’ untuk melihat hasil polling sementara.

Sumber : SuratKabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *