Indonesia vs Jepang: Misi Akhiri Penantian 40 Tahun

by



Kegembiraan para pemain timnas U-19 setelah mengalahkan Uni Emirat Arab (pssi.org)

Kegembiraan para pemain timnas U-19 setelah mengalahkan Uni Emirat Arab (pssi.org)

JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 punya kesempatan untuk mengakhiri penantian panjang selama 40 untuk kembali berlaga pada ajang Piala Dunia U-20,tahun depan. Syaratnya, mereka harus bisa mengalahkan Jepang pada babak perempat final Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (28/10) pukul 19:00 WIB.

Indonesia sejatinya pernah mencicipi atmosfer perhelatan Piala Dunia U-20 pada tahun 1979 silam, meski hanya mampu menembus babak perempatfinal Piala Asia (AFC) U-19 3 978. Ya, sukses Indonesia tampil pada turneman kelas wahid tersebut karena ‘hadiah’. Maklum, saat itu Irak yang beratatus ‘juara bersama’ dengan Korea Selatan di Piala Asia 1978, memutuskan mundur dari Piala Dunia U-20 1979.

Keputusan itu lalu diikuti oleh Korea Utara, sebagai juara ketiga di Piala Asia U-19. Wakil Asia pun akhirnya diisi oleh Jepang sebagai tuan rumah, Korea Selatan juara Piala Asia U-19 2018, serta Indonesia.

Masuknya daftar Indonesia dalam daftar wakil Asia di turnamen tersebut lantaran tim perempat finalis Piala Asia 1978 lainnya dari Timur Tengah, seperti Iran, Arab Saudi, dan Bahrain juga menolak untuk ambil bagian pada Piala Dunia U-20 1979.

Walhasil, Indonesia yang mendapatkan ‘hadiah’, menjadi bulan-bulanan dan langsung tersingkir pada fase grup dengan menelan tiga kekalahan beruntun. Tim Garuda yang diperkuat Soetjipto Soentoro, dipaksa menyerah 0-5 dari Argentina pada laga perdana.

Dua dari lima gol Argentina itu bahkan lahir dari aksi Diego Armando Maradona yang kemudian menjadi bintang dunia di era 1980-an. Pada laga kedua, tim Merah-Putih harus merasakan keperkasaan Polandia usai menyerah 0-6, sebelum kembali menyerah dengan skor lima gol tanpa balas dari Yugoslavia pada laga pamungkas.

Kini, Indonesia punya kesempatan untuk bisa berlaga di Piala Dunia U-20 tahun depan setelah lolos ke babak perempatfinal Piala Asia U-19 tahun ini. Tiket untuk berlaga di ajang tersebut, tentunya sangat diidam-idamkan oleh Egy Maulana Vikri. Maklum, perhelatan Piala Dunia U-20 tahun depan bakal digelar di Polandia, negeri tempat klub Egy bernaung saat ini, yakni Lechia Gdansk. Syaratnya, Egy dan kolega hanya butuh kemenangan saat melawan Jepang nanti.

“Selama 40 tahun kita menunggu, semoga harapan semua orang dan pemain yang sudah bekerja keras serta doa-doa kita semua diterima sama Allah dan dilancarkan,” kata Egy yang kemungkinan sudah bisa bermain pada laga nanti.

Jepang memang lawan yang hampir dipastikan sulit untuk ditaklukan oleh Egy cs. Namun dukungan lebih masyarakat Indonesia, tepat di peringatan Hari Sumpah Pemuda, jelas akan melipatkan-gandakan semangat Egy cs dalam menaklukkan tim dari negeri Nippon tersebut. Dukungan untuk mengakhiri penantian 40 tahun kepada Egy cs bahkan datang dari klubnya di Polandia.

“Mereka (Lechia Gdansk red) bilang selamat sudah masuk delapan besar, kalau bisa lolos ke Piala Dunia nanti ketemu di Polandia,” tuntas Egy. (junius/yp)



Sumber : Postkotanews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *