Misi Lopetegui Memastikan Nasib

by



Pelatih Real Madrid Julen Lopetegui terlihat kesal saat pertandingan melawan Levante, di Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, 20 Oktober 2018. (reuters)

Pelatih Real Madrid Julen Lopetegui terlihat kesal saat pertandingan melawan Levante, di Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, 20 Oktober 2018. (reuters)

BARCELONA – Inkonsistensi hingga ancaman pemecatan sang pelatih, bakal mengiringi lawatan Real ‘Los Blancos’ Madrid ke kandang Barcelona dalam lanjutan La Liga Spanyol, Minggu (28/10/2018) pukul 22:15 WIB. Tidak heran, jika duel bertajuk El Clasico di Camp Nou itu, dijadikan ajang untuk memastikan keberadaan Julen Lopetegui di bangku kepelatihan Madrid.

Santernya kabar pemecatan Lopetegui, tidak terlepas dari kinerjanya yang dinilai buruk. Pelatih berdarah Spanyol tersebut, dinilai gagal mengubah nasib Los Blancos yang mengakhiri lima laga tanpa satupun kemenangan, sebelum meraih kemenangan tipis 2-1 atas tim sekelas Viktoria Plzen dalam laga Liga Champions di Bermabeu, tengah pekan kemarin. Kemenangan itu pun menambah keyakinan Lopetegui untuk bisa bertahan di Bernabeu. Ia bahkan optimis bisa menang atas Barcelona yang akan menentukan nasibnya di Bermabeu.

“Semua kabar mengenai masa depan saya bersama Real Madrid, akan menjadi jelas dalam 48 jam. Kami memang gagal menjalani pertandingan dengan mencetak lebih banyak gol di Liga Champions (melawan Plzen), tapi saya optimistis kemenangan ini akan memberikan perubahan bagi tim ini dan juga nasib saya,” kata Lopetegui yang sudah mempersiapkan strategi khusus untuk memetik kemenangan di El Clasico.

“Kami telah mengakhiri dinamika tidak menang. Sekarang kita harus tetap menang dan tumbuh dengan tenang,” tegasnya, dikutip Marca.

Sejak ditunjuk menggantikan Zinedine Zidane di Bernabeu, ini adalah pertama kalinya  Lopetegui memimpin armada Los Blancos di partai El  Clasico, sebuah partai yang selalu dianggap menjadi penentu bagi kedua tim. Itu artinya, jika bisa menang di laga ini, akan sendirinya ‘menghapus dosa’ Lopetegui di laga-laga sebelumnya.

Kans untuk menang bahkan dimiliki Sergio Ramos dan kolega, menyusul kondisi skuad Barcelona yang tidak lengkap. Pasukan Ernesto Valverde itu dipastikan tampil tanpa bomber andalan mereka, Lionel Messi, Samuel Umtiti, dan Thomas Vermaelen akibat cedera.

Di sisi lain, Madrid bisa tampil dengan kekuatan penuh  setelah Luka Modric, Isco, dan Gareth Bale dalam kondisi siap tempur. Meski tanpa Messi, Barcelona masih memiliki nama-nama seperti Luis Suarez, Philippe Coutinho, dan Ivan Rakitic yang tetap tidak boleh diremehkan. Apalagi Madrid dipastikan tidak bisa diperkuat Vinicius Junior dan Dani Carvajal, akibat sanksi skorsing dan cedera. Selain itu, Barcelona juga tengah berada dalam periode kebangkitan, menyusul kemenangan 4-2 atas Sevilla di La Liga 2-0 atas Inter Milan di Liga Champions.

Saat ini, Barcelona bahkan masih memimpin klasemen sementara La Liga dengan total 18 poin dari sembilan laga. Klub asal Catalan itu unggul dalam produktivitas gol dari Espanyol yang hanya memetik satu angka usai  bermain 1-1 dengan tuan rumah Real Valladolid, Sabtu  (27/10/2018) dinihari WIB.

Sementara itu, Madrid berada di tangga ketujuh dengan 14 poin, atau terpaut dua angka di bawah Valladolid. Pada laga lainnya di hari yang sama, Atlético Madrid akan menjamu Real Sociedad dan Getafe kedatangan Real Betis. (junius/mb)

REKOR PERTEMUAN:
07/05/18, Barcelona v Madrid 2-2
23/12/17, Madrid v Barcelona 0-3
17/08/17, Madrid v Barcelona 2-0
14/08/17, Barcelona v Madrid 1-3
PRAKIRAAN PEMAIN:
Barcelona (4-3-3): Ter Stegen (g); Sergi Roberto, Pique, Lenglet, Alba; Rakitic, Busquets, Arthur; Rafinha, Suarez, Coutinho.
Madrid (4-3-3): Courtois (g); Nacho, Varane, Ramos, Marcelo; Modric, Casemiro, Kroos; Bale, Benzema, Isco.

 



Sumber : Postkotanews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *