Soal Turunnya Elektabilitas Jokowi, Luhut Sebut karena Ma’ruf Absen Kampanye

by

KaBerIndo.com – Turunnya elektabilitas Joko Widodo-Ma’ruf Amin mendapat tanggapan dari  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Menurutnya, hal ini tak lepas dari absennya Ma’ruf dari sejumlah kegiatan kampanye dalam beberapa waktu belakangan ini.

“Ya karena belum turun itu, belum turun ke lapangan,” tukas Luhut saat ditemui di kantor wakil presiden, Jakarta, Senin (17/12/2018). Demikian seperti dilansir dari laporan CNNIndonesia.com, Rabu (19/12/2018).

Berdasarkan hasil survei tim kampanye internal Jokowi-Ma’ruf, Bravo 5, menunjukkan elektabilitas pasangan calon nomor urut 01 itu masih kalah dari pasangan calon Prabowo-Sandiaga Uno di beberapa daerah, termasuk Banten.

Menurut Luhut, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf akan meningkat jika Ma’ruf Amin sudah mulai kampanye kembali ke lapangan. Ia mengatakan, Ma’ruf mempunyai peran yang cukup signifikan untuk mendongkrak elektabilitas Jokowi.

“Bisa, bisa. Nanti kalau sudah turun tahu kita (berapa persen),” ujar Luhut.

Baca juga: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Menurun, Ini Penyebabnya Menurut PARA Syndicate

Diungkapkan dalam sejumlah pemberitaan, Jokowi-Ma’ruf masih unggul di Pulau Jawa dengan perolehan angka 59,2 persen. Hasil ini diperoleh dari survei internal yang dilakukan tim Bravo 5, tim kampanye Jokowi-Ma’ruf yang dibentuk Luhut.

Akan tetapi, meski pun masih unggul, telah terjadi penurunan bahkan jumlah suara yang masih kalah dari pasangan Prabowo-Sandiaga. Salah satunya di daerah Banten.

Seperti pada November lalu, Jokowi juga telah menyampaikan bahwa dia bersama Ma’ruf Amin masih kalah 9 persen di Banten. Walaupun tidak merinci lembaga survei yang dimaksudkan, Presiden Jokowi menekankan dirinya masih tertinggal dari kubu Prabowo-Sandiaga.

Sejak akhir November lalu, Ma’ruf Amin sendiri terpantau tidak aktif melakukan kampanye keluar dari kediaman pribadinya. Ketua Umum MUI tersebut hanya menerima tamu dan deklarasi para relawan di kediamannya, Jalan Situbondo 12, Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut pengakuan Mantan Rais Aam PBNU tersebut, kakinya sedang terkilir. Meski demikian, ia mengaku tetap nekat untuk melakukan sejumlah kunjungan ke berbagai daerah.

Elektabilitas Prabowo Meningkat

Melansir IDNTimes.com, Koordinator Juru Bicara pasangan Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, menuturkan bahwa hasil elektabilitas Prabowo-Sandiaga yang kian meningkat bukan terjadi karena kebetulan saja. Hal ini disebabkan oleh kampanye ‘ceria’ yang selalu mereka berikan.

Menurut penilaian Dahnil, pasangan calon Prabowo-Sandiaga yang terus fokus mendengarkan aspirasi masyarakat, khususnya ’emak-emak’, mulai dari kota hingga ke desa-desa.

“Kami fokus pada kampanye yang menggembirakan. Mendengar suara arus bawah mulai emak-emak di pasar, di kota dan desa. Mendekati anak muda dan kelompok agama. Suara-suara harapan itu yang kami jawab dalam bentuk program,” urai Dahnil saat dihubungi tim pers, Senin (16/12/2018).

Banyak yang menilai bahwa tren elektabilitas kubu Prabowo kian meningkat berkat Sandiaga yang giat melakukan safari politik. Penjelasan Dahnil, kerja sama tim antara Prabowo-Sandiaga memang saling melengkapi satu sama lain.

“Berbagi tugas kampanye sesuai dengan segmentasinya. Bang Sandi banyak berkomunikasi dengan emak-emak dan anak muda, Pak Prabowo komunikasi dan mendekati tokoh-tokoh agama, petani dan komunitas-komunitas profesi, ditambah lagi dengan bantuan ribuan purnawirawan TNI yang bekerja dibanyak daerah,” ia menerangkan.

Selain itu, Dahnil menuturkan, survei di internal BPN menunjukkan hasil yang sangat progresif. Ia mengungkapkan, dari survei internal mereka, pasangan Jokowi-Ma’ruf mengalami penurunan, sementara pasangan Prabowo-Sandi mengalami peningkatan.

“Saya kira sudah muncul kesadaran kolektif masyarakat bahwa bila pola pemerintah seperti saat ini dipertahankan, maka Indonesia akan mengalami beban masa depan yang terlalu berat,” sambungnya.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.id
Jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?
Klik ‘Vote!’ untuk melihat hasil polling sementara.

Sumber : SuratKabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *