Benamkan Southampton 1-3 City Kembali ke Peringkat Dua

by



Sergio Aguero setelah mencetak gol ke gawang Southampton (reuters)

Sergio Aguero setelah mencetak gol ke gawang Southampton (reuters)

INGGRIS- Manchester City berhasil membenamkan tuan rumah Southampton 3-1 dalam lanjutan Liga Inggris di St. Mary’s Stadium, Minggu (30/12/2018) malam WIB.

Berkat kemenangan ini Man City kembali ke peringkat kedua menggusur Tottenham Hotspur. Dari 20 laga yang dilakoni Manchester City mengemas 47 poin berselisih dua dari Hotspur.

Hanya saja nilai yang diperoleh The Citizen masih cukup jauh yaitu tujuh poin dari Liverpool yang kokoh di puncak klasemen.

Sedangkan bagi Southampton, kekalahan ini membuat mereka tertahan di peringkat ke-17 dengan nilai 15 tentu sangat rawan terjerembap ke zona degradasi.

Kemenangan City ditentukan oleh gol David Silva menit ke-10 gol bunuh diri yang dilakukan J. Ward-Prowse menit ke-45 dan gol Sergio Agüero pada masa injury time babak pertama. Adapun gol balasan ruan rumah dicetak oleh Højbjerg menit ke-37.

Soton semakin menderita karena kapten tim mereka Højbjerg diusir wasit menit ke-85 karena melanggar dengan keras Fernandinho. Bisa jadi karena menerima langsung kartu merah Højbjerg akan kena sanksi tidak bisa tampil.

Sementara itu kemenangan ini membuat kepercayaan diri Man City kembali tumbuh setelah sebelumnya secara beruntun dua kali kalah sehingga mereka dikudeta oleh Liverpool dari singgasana puncak klasemen.

City yang wajib menang langsung mengepung pertahanan Soton. Hasilnya menit ke-10 mereka mencetak gol lewat David Silva berawal dari serbuan yang dilakukan dari sisi kanan pertahanan Soton.

Bernardo Silva lalu melepaskan umpan ke kotak penalti dan David Silva yang tidak terkawal dengan mudah menjebol gawang Soton.

Hanya saja setelah gol itu City kesulitan menembus pertahanan Southampton. Bahkan menit ke-37 tuan rumah mampu menyamakan kedudukan lewat sepakan keras Højbjerg dengan kaki kanan yang tidak mampu dijangkau kiper Man City.

Namun pada menit ke-45, Manchester City kembali unggul karena James Ward-Prowse melakukan gol bunuh dengan salah mengantisipasi sepakan pemain lawan.

Bahkan tiga menit kemudian, saat masa injury time babak pertama, Manchester City semakin menjauh berkat gol Aguero.

Menerima umpan dari Oleksandr Zinchenko lalu dengan sundulannya Aguero menjebol gawang Southampton sehingga babak pertama berakhir dengan kedudukan 3-1.

Memasuki babak kedua Manchester City tidak memberikan Soton berkembang. Mereka terus menekan pertahanan lawan lewat David Silva, Aguero, Raheem Sterling.

Beberapa kali anak asuh Pep Guardiola itu mengancam pertahanan Soton. Namun selalu gagal seperti pada menit ke-63 tembakan Sergio Agüero dengan kaki kanan usai menerima assist dari Raheem Sterling masih bisa diblok lawan.

Demikian juga pada menit ke-80 , Riyad Mahrez yang sudah berhadapan dengan kiper Soton usai menerima umpan terobosan dari Gabriel Jesus tembakan dengan kaki kanannya masih bisa diblok kiper Southampton.

Pemain-pemain tuan rumah harus bekerja keras untuk menjaga wilayahnya agar tidak lagi kebobolan. Bahkan kapten tim Højbjerg harus melanggar dengan keras Fernandinho yang mengakibarkan dia dihukum dengan kartu merah.

Di sisa waktu City terus berusaha mencari gol namun tidak berhasil sehingga kedudukan akhir tetap 3-1. (b)



Sumber : Postkotanews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *