Sanksi Berat Bayangi Dzeko Akibat Ludahi Wasit

by



Edin Dzeko dibuat tidak berkutik oleh pemain Fiorentina Vicktot Hugo (reuters)

Edin Dzeko dibuat tidak berkutik oleh pemain Fiorentina Vicktot Hugo (reuters)

ITALIA – Striker AS Roma, Edin Dzeko, dan klubnya, terancam sanksi keras dari otoritas sepakbola Italia, FIGC, menyusul aksi tidak terpujinya dalam laga melawan Fiorentina di perempatfinal Coppa Italia 2018-2019, Kamis (31/1/2019) dini hari WIB.

Striker berkebangsaan Bosnia-Herzegovina itu diduga sengaja meludahi wasit Gianluca Manganiello yang memimpin pertandingan. Dalam laga yang dimenangkan tuan rumah Fiorentina dengan skor 1-7 itu, Dzeko sebenarnya baru diturunkan pelatih Eusebio Di Fransesco pada awal babak kedua menggantikan Javier Pastore.

Maksud hati sang pelatih memasukkan Dzeko adalah agar bomber 32 tahun itu mampu membantu I Lupi mengejar ketertinggalan 1-3 dari La Viola. Namun, apa daya, Dzeko malah mendapat kartu merah pada menit 72 setelah meludahi wasit.

Bahkan enam menit sebelumnya, AS Roma kembali kebobolan oleh gelandang serang Fiorentina, Marco Benassi, sehingga skor menjadi 1-4. Belum selesai, Fiorentina terus menambah gol dan laga berakhir dengan skor 1-7.

Rekaman kamera menunjukkan, Dzeko sempat menghampiri wasit dan meludahi bagian tubuh Gianluca Manganiello. Tanpa pikir panjang, wasit asal Italia itu pun mengacungi Dzeko dengan kartu merah.

Akibat ulahnya itu, Dzeko berpotensi terkena larangan tampil dalam beberapa pertandingan ke depan. Bukan cuma Dzeko, klub pun bisa terancam sanksi jika mereka tak beruntung.

(Baca: Atalanta Singkirkan Juventus dari Copa Italia)

Sebelumya pada September 2018, winger Juventus Douglas Costa meludahi pemain Sassuolo, Federico Di Francesco hingga kemudian ia mendapat hukuman larangan tampil dalam empat pertandingan. Merujuk kasus itu, terbuka kemungkinan Dzeko bakal menerima hukuman yang lebih besar, mengingat bekas bomber Manchester City itu meludahi wasit yang merupakan ofisial pertandingan. (*/ys)



Sumber : Postkotanews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *