Situasi Menguntungkan, Saatnya Garuda Muda Beri Kemenangan

by



Para pemain Garuda Muda saat selebrasi gol di ajang Piala AFF U-22. (ist)

Para pemain Garuda Muda saat selebrasi gol di ajang Piala AFF U-22. (ist)

JAKARTA – Setelah gagal meraih kemenangan pada dua laga pembuka, saatnya Timnas ‘Garuda Muda’ Indonesia U-22 memberi respon jika tidak ingin menanggung malu. Kemenangan wajib diraih anak-anak asuh Indra Sjafri saat menghadapi tuan rumah Kamboja pada laga pamungkas fase Grup B Piala AFF U-22 di Stadion Nasional Pnom Penh, Jumat (22/2/2019) pukul 18:30 WIB.

Satu tiket tersisa ke babak semifinal di Grup B masih akan diperebutkan oleh Indonesia, Malaysia, dan Myanmar. Pasalnya, Kamboja sudah lebih dulu lolos ke babak semifinal setelah memimpin Grup B dengan enam angka, raihan yang tidak mungkin dikejar Garuda Muda, Malaysia, dan Myanmar. Namun hal itu justru lebih memudahkan skuat Indra membidik kemenangan demi tiket ke semifinal.

Maklum, saat ini Garuda Muda yang mengoleksi dua poin, unggul satu angka dari Malaysia dan Myanmar di urutan dua terbawah. Selain unggul dalam jumlah perolehan poin dari Malaysia dan Myanmar, Kamboja tentu akan lebih cenderung melakukan rotasi pemain saat melawan Indonesia. Hal itu wajib dilakukan pelatih Felix Dalmas demi menghindari cedera, seraya memulihkan stamina para pemain utama jelang berlaga di semifinal.

(Baca: Ditahan Malaysia 2-2, Peluang Lolos Indonesia Menipis)

Tidak hanya itu, digelarnya laga ini pada malam hari, bahkan diakui Indra sebagai sebuah keuntungan bagi timnya. Meski demikian, ia juga ogah meremehkan Kamboja yang sukses memetik kemenangan di dua laga pembuka.

“Main di malam hari bagus buat kita karena kondisi lebih adem. Yang jelas kami harus menang agar lolos ke semifinal. Kamboja tim yang bagus, dua kali kemenangan membuktikan kualitas mereka,” tandas Indra, saat konferensi pers menjelang laga.

Oleh karena itu, Indra telah menyiapkan sejumlah opsi skema permainan selama sesi latihan, jelang pertandingan malam ini.

“Latihan ini seperti biasa persiapan untuk laga selanjutnya (melawan Kamboja red). Hasil dari evaluasi tim kita dan hasil dari pengamatan calon tim lawan. Latihan dibagi dua kelompok, low intensitiy untuk pemain yang main penuh, sedangkan high intensity bagi yang lain,” jelas mantan pelatih Bali United tersebut.

Menurut Indra, Piala AFF U-22 memiliki dua manfaat bagi tim asuhannya. Selain mengejar prestasi, kompetisi sepakbola kelompok umur se-Asia Tenggara ini juga berguna untuk memilih para pemain yang akan ia bawa untuk berlaga pada ajang Kualifikasi Piala Asia (AFC) U-23 pada 2020 mendatang.

Pada laga lain, kemenangan juga wajib diraih Malaysia dan Myanmar untuk lolos ke semifinal dengan harapan Garuda Muda gagal mengalahkan Kamboja. (junius/ys)

Indonesia vs Kamboja

Jumat (22/2), 18:30 WIB

Stadion National Pnom phen



Sumber : Postkotanews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *