Usai Sita Uang Ratusan Juta, KPK Bakal Panggil Menag Lukman Hakim?

by


SURATKABAR.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka peluang untuk memanggil Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin terkait kasus jual beli jabatan di Kemenag yang menjerat Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy (Rommy).

“Kemungkinan itu terbuka ya sepanjang dibutuhkan penyidik. Apalagi ada beberapa dokumen dan uang yang diamankan atau disita dari ruang Menteri Agama hari ini,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2019), dikutip dari detik.com.

KPK menyita sejumlah dokumen dan uang ratusan juta dari hasil penggeledahan ruang Menag, ruang kerja sekjen dan ruang biro kepegawaian Kemenag.

Baca Juga: Geledah Ruang Kerja Menag Lukman Hakim, KPK Sita Uang Ratusan Juta

“Ada dokumen-dokumen terkait proses seleksi yang diamankan, baik terkait tahapannya maupun proses hasil seleksi,” kata Febri.

“Dokumen itu perlu dipelajari lebih lanjut untuk memahami konstruksi kasus, karena ada pihak-pihak yang tidak punya kewenangan secara formil untuk mengatur proses seleksi jabatan di Kemenag,” lanjutnya.

Rommy sebelumnya ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kemenag pusat dan daerah. Total duit suap yang diduga diterima Rommy senilai Rp 300 juta.

Selain Rommy, KPK menetapkan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin sebagai tersangka. KPK menyebut Muafaq diduga memberi duit Rp 50 juta pada Jumat (15/3) kepada Rommy, sedangkan Haris diduga memberikan duit Rp 250 juta kepada Rommy pada 6 Februari 2019.



Sumber : SuratKabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *