Mudah Lapar Saat Puasa? Ganti Menu Sahur dengan 8 Makanan Nikmat…

by


SURATKABAR.ID – Saat sahur merupakan salah satu bagian penting agar lancar berpuasa. Menyantap asupan makanan yang kaya gizi dan nutrisi saat sahur bisa membantu Anda mampu lebih lama menahan rasa lapar seharian. Agar sukses berpuasa selama Ramadhan,  asupan makanan tentu merupakan salah satu faktor penentu utama.

Diketahui, terdapat beberapa jenis makanan super yang mampu melepas energi secara perlahan ke seluruh tubuh. Dengan demikian, Anda tak hanya akan merasa lebih kenyang, tapi juga tak mudah merasa lapar karena rasa kenyang tersebut akan bertahan lebih lama.

Melansir laporan Gulfnews melalui JPNN.com, Jumat (10/05/2019), berikut adalah beberapa makanan sahur terbaik yang bisa dinikmati agar  tetap semangat sepanjang menjalani ibadah puasa Anda. Yuk disimak, siapa tahu salah satunya merupakan makanan kesukaan.

1. Alpukat

Buah yang sangat bernutrisi ini wajib dijadikan santapan saat sahur. Selain menambah tekstur dan rasa yang kaya pada hidangan apa pun, alpukat atau avocado ini sangat tinggi serat. Kandungannya yang kaya akan serat ini bisa berkontribusi besar terhadap penurunan berat badan di samping mengurangi lonjakan gula darah.

Manfaat lainnya, alpukat bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Jadi, energi Anda akan dilepaskan perlahan sepanjang hari. Ini membuatnya menjadi bahan yang sempurna untuk hidangan sahur apa pun. Anda bisa mencoba alpukat tumbuk pada roti gandum dengan sedikit jagung dan baby tomat, hingga ke bentukan yang paling simpel seperti dibuat jus.

Baca juga: Tak Hanya Berpahala, Tidur Siang Saat Puasa Miliki Segudang Manfaat Bagi Tubuh

2. Telur

Sebagai salah satu makanan paling bergizi di planet ini, telur juga dikenal sangat tinggi akan kandungan protein. Selain rasanya yang lezat di lidah, telur juga merupakan makanan baik yang membantu Anda tetap kenyang lebih lama.

Anda bisa mencoba telur orak-arik dengan campuran bayam dan feta yang dibungkus dengan tortilla gandum untuk untuk sahur Anda. Atau, Anda juga mencampurnya dengan buah alpukat untuk rasa dan sensasi yang berbeda.

3. Yoghurt Yunani

Yoghurt Yunani juga mengandung banyak protein. Bahan yang sangat lembut dan sehat ini merupakan cara sempurna untuk membantu puasa Anda.

Greek Yoghurt ini juga dikemas dengan probiotik dan memiliki jumlah protein dua kali lipat dari yoghurt biasa.

Sedikit protein tambahan itulah yang akan membantu Anda merasa kenyang. Tak hanya itu, Yoghurt Yunani juga rendah karbohidrat dan dapat membantu menjaga rasa haus.

4. Quinoa

Karena bebas gluten, tinggi protein dan mempunyai semua asam amino esensial, Quinoa menjadi salah satu makanan kesehatan yang paling dicintai di dunia.

Biasanya, Quinoa juga tumbuh secara organik. Inilah faktor yang membuatnya mendapatkan popularitasnya sebagai “makanan super”.

Fleksibilitasnya juga sangat bagus karena cocok dipadukan dengan banyak bahan lainnya, yang memungkinkan Anda untuk menikmatinya untuk sarapan, makan siang dan makan malam.

5. Almond Butter

Mentega almond ialah selai kacang baru. Mengandung banyak kadar vitamin E, Almond Butter membantu Anda menurunkan kolesterol. Mentega ini juga bisa meningkatkan kesehatan jantung, selain tinggi nutrisi dan ranya yang lezat.

Fakultas Kedokteran Universitas Massachusetts bahkan merekomendasikan almond sebagai salah satu kacang yang mestinya paling sering muncul dalam makanan Anda.

Karena selain semua manfaat kesehatan yang luar biasa ini, mentega almond juga membantu Anda lebih kenyang sepanjang hari sehingga sangat mendukung kelancaran ibadah puasa.

6. Salmon Asap

Salmon termasuk ke dalam bagian penting dari diet paleo yang sehat, karena merupakan sumber protein, vitamin dan mineral.

Salmon juga dikenal dengan asam lemak omega-3, yang merupakan asam lemak esensial lantaran badan tidak bisa membuatnya sendiri sehingga harus diperoleh dari sumber luar. Seperti diketahui, asam lemak omega-3 ini berkontribusi untuk membuat fungsi otak tetap sehat.

7. Bran Muffin

Muffin gandum memang super tinggi serat dan biji-bijian yang sangat serbaguna. Makanan ini sangat baik dikonsumsi bukan saja pada saat berpuasa, tapi juga pas untuk diet yang sehat.

Muffin ini bisa mengisi lambung dengan rasa kenyang lebih lama. Dengan memasukkannya ke dalam menu sahur Anda, niscaya rasa lapar pada hari-hari Ramadhan yang panjang bisa dicegah lebih lama.

Selain itu, muffin Bran sangat enak dan bisa dibuat dalam jumlah banyak. Karena tahan lama, makanan ini bisa dikonsumsi beberapa kali dalam seminggu. Anda juga bisa membekukan adonannya di kulkas untuk digunakan nanti.

8. Kacang Fava

Kacang Fava alias Broad Bean ialah kacang kecil berwarna hijau dan berwarna cokelat tua setelah dimasak. Kacang ini kaya nutrisi yang cukup tinggi protein dan serat. Broad Bean juga sangat rendah lemak. Kacang ini merupakan sumber makanan yang sangat baik dari banyak nutrisi penting untuk kesehatan tubuh Anda.



Sumber : SuratKabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *